Skip to main content

follow us

8 Hal Penting yang Harus di Perhatikan Saat Wawancara

Bagikan :
Proses wawancara atau interview dengan hasil yang mulus tanpa kendala merupakan dambaan Jobseeker, namun realitanya tak seindah yang di bayangkan dan tak semudah isi buku yang sudah kita pelajari dari berbagai sumber.

Sudah membaca tips lolos wawancara kerja di Youtube, download materi wawancara kerja di Internet dan sudah sering nongkrong dan baca-baca buku cara menghadapi proses wawancara di Toko Buku Gramedia, namun hasilnya tidak maksimal.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi seseorang lolos atau tidaknya proses interview, semua faktor tidak bisa kita samakan antara si A dan si B karena situsasi yang berbeda maka hasilnya pun cenderung berbeda.


Berikut admin sampaikan gambaran umum hal penting apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat wawancara.

4 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan Saat Wawancara


1. Datang Tepat Waktu

Datang tepat waktu sebelum jadwal yang sudah di tentukan perusahaan akan menambah nilai bagus di mata HRD, selain point plus tersebut kamu juga bisa mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat wawancara, misalnya mengecek berkas dokumen atau merapikan pakaian dan hal yang lainnya.

2. Sapaan Yang Ramah

Menyapa HRD pada umumnya hanya berupa kata "Selamat Pagi Pak/Bu". Cobalah sapa HRD dengan menyertakan namanya, misalnya "Selamat Pagi Pak/Bu Jangkrik" saat masuk ruangan, hal tersebut memang terlihat sepele, namun akan memberi dampak positif saat masuk sesi tanya jawab.

3. Tunggu Perintah

Biasanya saat masuk ruangan kita akan dipersilahkan duduk, sebelum ada perintah tersebut baiknya menunggu namun jika tidak ada perintah dalam waktu yang cukup lama mintalah izin kepada pihak HRD untuk duduk.

4. Jaga Kontak Mata

Pandangan saat sesi wawancara memang menjadi salah satu faktor penentu lulus atau gagalnya interview. Jaga kontak mata dengan cara memperhatikan arahan atau pentanyaan HRD agar kita terlihat serius dan percaya diri terutama saat menjawab pertanyaan dari pihak terkait.


4 Hal Yang Harus Kamu Hindari Saat Wawancara


1. Jawaban Yang Tidak Informatif

Jawaban yang tidak informatif saat wawancara akan memberi kesan HRD bahwa kita tidak layak bekerja di perusahaannya. Jawaban singkat seperti "Ya" atau "Tidak" kurang direkomendasikan saat wawancara, tambahlah satu kalimat setelah/sebelum kata YA/TIDAK dengan penjelasan singkat terkait pertanyaan yang di ajukan HRD.

2. Hindari Kebohongan

Dimanapun kalian berada kebohongan akan menciptakan kebohongan lainnya hal tersebut sudah pasti. Jawaban yang tidak jujur meskipun kalian lolos wawancara kebohongan akan mempersulit kalian dalam pekerjaan misalnya kalian tidak bisa mengoprasikan komputer namun saat wawancara kalian berkata bahwa "Saya mengerti bahasa Phyton, C++, Javascript". Hal tersebut akan menyusahkan diri sendiri dikemudian hari.

3. Jawaban Yang Berlebihan

Seperti kata "Patrick Star" di kartun Spongebob bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak sehat, hal tersebut berlaku saat wawancara. Jawaban yang berlebihan dan bahkan cenderung emosional akan menjadi boomerang bagi kita, jawablah sesuatu dengan adil sesuai kapasitas kita.

4. Mengomentari Mantan Perusahaan Dengan Kesan Yang Tidak Baik

Saat wawancara biasanya ada pertanyaan "Apa alasan anda keluar dari perusahaan yang lama". Jawaban yang cenderung menjelek-jelekan perusahaan lama misal "Bos disana Galak Pak/Bu jadi saya keluar", hal tersebut akan memberi dampak negatif di sesi tanya jawab selanjutnya. Berilah kesan positif pada perusahaan lama dan beritahu bahwa kalian masih menjalin hubungan baik dengan atasan dan rekan-rekan di perusahaan lama anda.

Itulah penjelasan singkat mengenai hal penting yang harus diperhatikan saat wawancara, adapun beberapa faktor lain yang tidak bisa dijelaskan disini yang mungkin bisa membantu dan memberi dampak positif pada kalian saat interview. Bisa kalian cari di artikel lain atau membaca-baca buku di Toko Buku, pandai-pandai juga melihat situasi.
Segala bentuk informasi lowongan kerja yang ada di sini tanpa dipungut biaya apapun, hati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan.
Copyright © 2019 | Lokerpt.com