Skip to main content

follow us

Kenali 6 Ciri Lowongan Kerja Palsu Berikut ini Sebelum Terlambat

Ciri Lowongan Kerja Palsu - Zaman sekarang, kejahatan tidak memandang tempat dan waktu, apapun bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Seperti kasus yang sering terjadi baru-baru ini, sudah banyak sekali korban yang menelan kerugian berupa materi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah dengan modus penipuan lowongan kerja.

Ketatnya persaingan kerja ditambah jumlah lowongan yang tersedia tidak banyak kerap dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan keadaan yang di alami rekan-rekan pencaker karena sulit mencari pekerjaan, selain itu penipu juga mengincar rekan-rekan pencaker yang belum mempunyai pengalaman (polos) di dunia kerja dan baru lulus dari sekolah.

Penipuan yang kerap terjadi di kalangan pencaker berawal dari informasi yang didapat tidak valid, dan kita tidak mengeceknya terlebih dahulu ke akuratan informasi tersebut, sehingga modus penipuan lowongan kerja semakin marak terjadi.

Biasanya informasi lowongan kerja hoax atau palsu yang di dapat rekan pencaker berasal dari berbagai media yang banyak tersebar di Internet, contohnya Media Sosial Facebook.

Yang paling parah pada kasus ini adalah banyak nya rekan pencaker yang share informasi palsu tersebut ke media sosial, terlebih lagi info lowongan kerja palsu tersebut bertengger di halaman pertama mesin pencari (Google)

Akibatnya, banyak dari rekan pencaker yang tertipu lowongan kerja palsu tersebut, dengan iming-iming gaji besar dan kerja gak capek yang pada akhirnya rekan pencaker tidak mendapatkan apapun, malah rugi yang di dapat.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ?
  • Jadilah Pintar
  • Kenali Cirinya
  • Jangan Asal Share

    Ciri-ciri modus penipuan lowongan kerja palsu di Internet



    1. Tata Bahasa


    Pada umumnya ketika oknum menyebarkan informasi lowongan kerja palsu atau ketika kita mendapat panggilan kerja palsu, tata bahasa yang digunakan tidaklah tepat atau bisa juga sering typo pada penulisan kata, contohnya kata "Interview", biasanya oknum penipu ketika menulis kata "Interview" penulisannya menjadi "Interviu" atau "Interviyu".

    Meskipun begitu, informasi di atas bukanlah faktor final dalam menentukan informasi tersebut palsu atau asli, penulisan kata yang salah diatas hanyalah salah satu indikasi bahwa informasi tersebut hoax, karena sekarang pun banyak oknum yang sudah mengerti tentang penulisan kata Interview.

    Tetap waspada !

    Lanjut ciri berikutnya

    2. Domain Perusahaan


    Pada umumnya domain yang digunakan website perusahaan menggunakan extensi .co.id, .id, .com, .co.jp (perusahaan jepang)

    Meskipun, bukan berarti domain perusahaan yang berextensi .com itu valid, karena domain .com mudah di dapat.

    Kebanyakan perusahaan di Indonesia menggunakan domain yang berextensi .co.id, mungkin memang sudah prosedurnya seperti itu, tapi tidak semua website perusahaan berextensi .co.id, ada beberapa perusahaan yang menggunakan extensi .com untuk website perusahaannya contohnya Pertamina.

    lalu bagaimana cara mengetahui ciri website perusahaan itu palsu ?
    • Menggunakan Subdomain blogspot.com, blogspot.co.id atau wordpress.com, wordpress.co.id contohnya www.pertamina.blogspot.com atau  www.pertamina.wordpress.com, nah yang asli adalah www.pertamina.com
    • Tampilan website yang tidak profesional, biasanya website-website palsu tampilannya tidak profesional dan terskesan tidak rapi dan acak-acakan
    Yang admin sayangkan dari permasalahan di atas adalah beberapa perusahaan hanya menampilkan Company Profile di website perusahaannya, tidak menyediakan menu atau opsi Career/Lowongan, sehingga banyak rekan pencaker yang mulai malas membuka website resmi perusahaan.

      3. E-mail Perusahaan


      E-mail perusahaan hingga saat ini masih menjadi perdebatan di kalangan pencaker, karena biasanya perusahaan menggunakan email dengan akhiran nama perusahaannya, contoh recruitment@pertamina.com.

      Namun yang terjadi sekarang ini, ada beberapa perusahaan yang menggunakan email gratisan seperti @gmail.com, @yahoo.com untuk proses recruitment perusahaannya, contohnya Email PT Tri-Saudara Sentosa Industri yang masih menggunakan @gmail.com, tentunya admin sangat menyayangkan hal tersebut, karena imbasnya terjadi perdebatan di kalangan pencaker, email tersebut asli atau palsu.

      Baca : Daftar Email Aktif Perusahaan Terbaru

      Lanjut indikasi berikutnya

      4. Alamat Perusahaan


      Kenapa admin sampaikan hal tersebut ?

      Pada point nomor 4 admin sampaikan khusus ketika kita mendapat panggilan kerja dari sebuah perusahaan.

      Biasanya ketika perusahaan memanggil kita untuk mengikuti test seleksi, tempat atau alamat tes tersebut berlokasi di perusahaannya langsung atau melalui pihak ketiga seperti yayasan atau penyalur kerja yang bekerjasama dengan perusahaan tersebut.

      Kasus penipuan yang terjadi sekarang ini, banyaknya panggilan kerja palsu yang beralamatkan di ruko atau tempat-tempat gak jelas yang sejenis.

      Meskipun begitu, beberapa yayasan resmi yang bekerjasama dengan perusahaan berlokasi di ruko-ruko, tentunya hal ini menjadi dilema di kalangan pencaker ketika mendapat panggilan tes seleksi kerja yang beralamat di ruko.

      Lalu bagaimana solusinya ?
      • Cek alamat di Google Maps, Yayasan resmi perusahaan biasanya mencantumkan alamatnya di Google Maps sedangkan Oknum Penipu menggunakan patokan 500 meter dari ini lah, samping bank itu lah, naik angkot ini lah, turun disini lah. GAK JELAS !!!
      • Bertanya di grup-grup lowongan kerja, yang paling mujarab ketika mendapatkan panggilan kerja yang beralamat di ruko adalah bertanya di grup atau forum-forum lowongan kerja, karena banyak orang yang sudah berpengalaman dan lebih tau tentang hal tersebut.

        5. Melamar Melalui SMS 


        Secara logika mungkin rekan pencaker sudah tau maksud dari kata yang admin sampaikan diatas, melamar kerja melalui sms adalah salah satu indikasi penipuan lowongan kerja.

        6. UUD (Ujung-Ujungnya Duit)


        Point paling penting dan tujuannya artikel ini dibuat adalah untuk mencegah kerugian materi yang dikeluarkan rekan pencaker.

        Jangan mudah percaya bila ada orang yang mengaku sebagai HRD perusahaan atau Manager Perusahaan yang bisa membantu rekan pencaker masuk kerja di sebuah perusahaan tersebut.

        Mulailah membangun rasa percaya diri !!!

        Kesimpulan

        • Website perusahaan bersubdomain blogspot itu jelas palsu
        • Alamat ketika mendapat panggilan kerja tidak jelas terindikasi palsu
        Nah itulah beberapa indikasi yang patut dicurigai ketika mendapat informasi lowongan kerja ataupun mendapat panggilan kerja yang bisa admin lokerpt.com sampaikan.

        Informasi diatas admin himpun berdasarkan pengalaman admin melihat dan menyimak di beberapa grup lowongan kerja. Selain dari grup lowongan kerja di facebook, admin juga mendapatkan informasi diatas dari salah satu HRD Perusahaan di area Bekasi.

        Semoga bermanfaat dan tidak ada korban selanjutnya
        Segala bentuk informasi lowongan kerja yang ada di sini tanpa dipungut biaya apapun, hati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan.

        Berlangganan Info Lowongan Kerja Gratis langsung via email...