Skip to main content

follow us

Tips Sederhana Agar Lolos Psikotest Kerja di Perusahaan


Tips dan Trik Mengerjakan Soal Psikotest Saat Seleksi Masuk Kerja - Pada proses recruitment suatu perusahaan, tahap yang biasanya pertama kali di uji adalah tahap psikotes dimana kita akan di tes seberapa jauh kemampuan basic kita dalam berfikir dan berkonsentrasi serta kemampuan kita dalam ketelitian.

Banyak yang beranggapan bahwa tahap psikotest itu mudah, karena hanya menjawab soal atau mengerjakan sesuatu yang sudah biasa kita lakukan pada saat sekolah.

Namun pada kenyataannya tidak semua orang mampu mengerjakan bahkan banyak sekali rekan pencaker yang menemui kesulitan pada saat psikotest, karena kebiasaan pada saat sekolah seperti menulis dan menjawab soal-soal sudah tidak terlatih lagi.

Kesulitan yang sering ditemui sahabat pencaker biasanya pada soal matematika, karena sudah lupa rumus atau hal lainnya. Sedangkan ada beberapa sahabat pencaker yang salah mengisi pada saat tes dikarenakan tidak fokus saat HRD memberikan intruksi.

Nah hal itu mungkin saja terjadi bagi rekan pencaker yang baru lulus dikarenakan tidak ada gambaran caranya mengisi soal psikotest, sebagai contoh biasanya terjadi pada saat tes kraeplin, yang seharusnya dikerjakan dari bawah ke atas namun malah dikerjakan dari atas kebawah, itu hanya contoh saja.


Bagi yang tidak mempunyai gambaran bahwa psikotest itu seperti apa sih ? disini admin lokerpt.com akan jelaskan sebisa mungkin agar rekan pencaker tidak gagal saat mengerjakan soal psikotest.

Perlu di ingat, jika rekan pencaker pernah gagal pada tahap psikotest bukan berarti selamanya sahabat pencaker tidak bisa lolos karena soal-soal psikotest akan mudah dijawab jika kita sering berlatih, merefresh kembali ingatan-ingatan lama tentang matematika dan cara menulis dengan cepat dan tepat yang akan membantu kita saat mengerjakan soal psikotest.

Untuk itu, admin lokerpt.com akan memberikan tips serta trik pada saat seleksi masuk kerja tahap psikotest.

Berikut tips dan panduan mengerjakan soal psikotest agar lebih mudah dikerjakan.

Tips dan trik pada saat psikotest


Oke masuk pada tahap pertama, biasanya pada tahap psikotest yang dikerjakan adalah soal kraeplin atau sejenisnya.

Dimana kita akan menjumlah 2 angka yang bersebelahan secara berurutan dengan ketentuan satu satu, satu dua, yang artinya kita menjumlahkan angka pertama dan kedua lalu tulis hasilnya diantara angka pertama dan kedua dan langkah selanjutnya menjumlahkan angka kedua dan ketiga dan menulis jawaban di antara angka kedua dan ketiga, untuk lebih jelasnya bisa disimak tips dan trik saat kraeplin.


  • Test Kraepelin



Cara mengerjakan :
  • Jumlahkan 2 angka yang berdampingan dan tulis jawaban di tengah dua angka tersebut. Jika penjumlahan melebihi nominal 10 maka ditulis angka paling belakang, contoh hasil penjumlahan adalah angka 15 tulis angka 5 saja. Untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas, gambar diatas menunjukan cara pengerjaannya dimulai dari angka paling bawah ke atas.

Trik mengerjakan kraepelin :
  • Gunakan bolpoint yang halus pada saat menulis dan tidak mudah bleber (gak tau bahasa indonnya) :D karena akan mengganggu konsentrasi kita saat mengerjakan kraepelin.
  • Jika kalian menggunakan lengan panjang, gulung lengan kalian sampai diatas siku, gunannya agar mudah saat menggeser bolpoint karena baju lengan panjang bisa menghambat pergerakan tangan kita saat test kraepelin.
  • Fokus mengerjakan, tak usah tengok kanan kiri. Jika keringan bercucuran pun tetap lanjut saja mengerjakan test.
  • Angkat tangan geser kertas pada saat pindah ke baris lain, artinya kita tidak perlu menggeser tangan kita ke baris lain cukup angkat telapak tangan kita dan geser kertas soal menggunakan tangan lain agar posisi menulis tidak berubah dan tetap nyaman saat mengerjakan kraeplin.

    •  Warteg Test



    Cara mengerjakan :
    • Membuat gambar yang dimulai dari garis ataupun titik seperti gambar diatas sehingga membentuk gambar tertentu.
    Panduan mengerjakan warteg test :
    • Buatlah gambar bebas yang ada didunia nyata, jangan buat gambar animasi ataupun kartun seperti gambar naruto dan lain-lain.

      •   Test Army 



      Cara mengerjakan :
      • Tulis sesuatu sesuai perintah yang di arahkan pihak recruitment, lebih simple nya kita hanya menulis apa yang kita dengar. 
      Sebagai contoh gambar diatas pada soal nomor 1, buatlah segitiga pada lingkaran nomor 1 jika 5 lebih besar dari 6 dan buatlah kotak pada lingkaran nomor 4 jika 2 lebih kecil dari 4.

      Jawabannya adalah kita buat kotak pada lingkaran nomor 4, kurang lebihnya seperti itu.
        Tips mengerjakan test Army :
        • Fokus mendengarkan apa yang di instruksikan pihak recruitment, jangan tengak tengok. Jika kita lupa lewatka saja dari pada mengganggu soal yang lain. Jika bebas memilih tempat duduk, pilihlah tempat duduk yang dekat dengan instruktur agar mudah di dengar.

          •  Test Pencerminan Gambar 



          Cara mengerjakan :
          • Cari gambar bentuk lanjutan dari gambar bentuk C, kita hanya perlu berimajinasi atau membayangkan saja gambar kelanjutan dari bentuk C.
          Tips mengerjakan :
          • Hafalkan soal seperti gambar di atas beserta jawabannya, karena hampir beberapa perusahaan menerapkan test dengan gambar yang sama.

            •   Test Gambar 



            Cara mengerjakan :
            • Tinggal menggambar saja sesuai yang kita mampu dengan catatan jangan terlalu banyak coretan koreksi (terlalu sering menghapus)
            Tips Menggambar :
            • Gunakan pensil HB, gambarlah dimulai dengan garis tipis-tipis.
            • Gambar sesuai yang ada dikehidupan nyata, buatlah semirip mungkin.
            • Jangan menggambar pohon kelapa ataupun pohon yang berdaun 1 jika kita menggambarnya.
            • Jangan menggambar kartun seperti naruto atau one piece dan kawan-kawannya.

              • Test Matematika


              Pada soal matematika di psikotest perusahaan, biasanya soal yang muncul adalah hampir rata-rata soal cerita.

              Untuk itu silahkan belajar rumus-rumus tentang soal cerita melalui google ataupun buku-buku jadul kita pada saat sekolah.

              • Sinonim dan Antonim

              Untuk tes sinonim dan antonim admin rasa semua sudah mengerti, kita hanya perlu menambah wawasan agar tau beberapa lawan atau persamaan dari suatu kata maupun kalimat.

              Mungkin itu saja dulu yang dapat admin lokerpt.com sampaikan, jika merasa artikel ini bermanfaat silahkan share kepada rekan pencaker lainnya agar terbantu pada saat psikotest.

              Akhir kata, semoga sukses dan informasi yang admin sampaikan bisa berguna.

              Salam pencaker
              Segala bentuk informasi lowongan kerja yang ada di sini tanpa dipungut biaya apapun, hati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan.

              Berlangganan Info Lowongan Kerja Gratis langsung via email...