Skip to main content

follow us

Panduan Menjawab Pertanyaan Saat Interview Kerja

Tips lolos interview kerja - Interview atau wawancara kerja adalah proses dimana kita harus memperkenalkan diri baik itu dari segi skill ataupun attitude, apakah kita layak diterima atau malah sebaliknya.

Wawancara kerja terkadang menjadi moment yang sangat menegangkan dan juga menakutkan bagi sebagian orang. Meskipun begitu ada banyak orang yang mampu tenang saat wawancara kerja dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari HRD dengan tepat.


Berikut beberapa faktor kegagalan yang sering dilakukan banyak orang pada saat interview kerja :
  1. Gugup
  2. Jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaan yang di ajukan pihak HRD.
  3. Terlalu berlebihan saat menjawab pertanyaan yang di ajukan pihak HRD.
  4. Jawaban yang diberikan tidak valid (tidak sesuai dengan realita atau kenyataan) 
  5. Penampilan tidak rapi (acak-acakan atau tidak sesuai dengan etika umum saat wawancara)
  6. Posisi tubuh yang tidak siap atau terlalu banyak gerakan yang tidak penting.
  7. Terlalu banyak senyum (cengar cengir) saat memasuki pertanyaan yang serius.
  8. Dll

Faktor yang admin sebutkan diatas tentunya dapat diatasi oleh diri kita sendiri, tergantung apakah kita berupaya untuk mau merubahnya atau tidak.

Beberapa tips sebelum wawancara kerja :


  • Persiapkan berkas-berkas yang akan ditunjukan kepada pihak HRD, pastikan kita tidak lupa menaruh berkas sehingga saat menyerahkan berkas ke HRD kita tinggal mengambil tanpa perlu mencari kesana kemari. 
  • Berpakaian rapi sesuai dengan etika dan adab umum saat wawancara kerja, seperti memakai jas/batik, sepatu dan celana yang bersih dan rapi.
  • Pakailah wangi-wangian yang tidak terlalu menyengat dan jangan lupa permen/penghilang bau mulut agar percaya diri saat berbicara.
  • Awali dengan salam dan tegur sapa saat memasuki ruangan interview dan berikan senyuman tipis (gak perlu sampe mangap) kepada pihak HRD.
  • Datanglah tepat waktu!

Itulah beberapa tips sebelum wawancara kerja dilaksanakan, selanjutnya kita masuk dalam proses wawancara kerja dan kita akan membahas seputar pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dalam proses interview serta kesalahan umum yang dilakukan banyak orang.

Kesalahan umum yang biasa orang lakukan pada saat interview kerja yaitu mencakup beberapa faktor yang admin lokerpt.com sebutkan diatas. Pada dasarnya itu hanyalah permainan pikiran yang bisa kita atur sendiri dan bisa kita pelajari, jika kita berfikir negatif tentu hasilnya pun akan negatif.

Biasanya orang yang berfikir negatif cenderung mengarang saat proses wawancara kerja, padahal akibatnya bisa sangat fatal karena satu kebohongan akan menciptakan kebohongan lainnya. Selain itu juga, jika kita menjawab dengan jawaban yang ngawur maka akan sulit menjawab pertanyaan selanjutnya.

Sebelum proses interview kerja kita bisa mempelajari pertanyaan-pertanyaan apa saja yang sering muncul saat proses wawancara kerja, dengan begitu kita bisa mempersiapkan jawaban yang tepat dan sesuai dengan realita.

Berikut admin lokerpt.com sampaikan beberapa pertanyaan yang sering muncul saat proses interview kerja.

Cara Menjawab Pertanyaan saat interview kerja dan cara menjawabnya


1. Perkenalkan diri anda ?


Memperkenalkan diri kita memang mudah jika kita berhadapan dengan teman kita, karena kita bisa bebas menjelaskan apapun pada teman kita. Namun kendala yang dihadapi saat interview kerja tentang pertanyaan diatas adalah nerveus atau grogi yang pada akhirnya kita terbata-bata saat menjelaskan tentang diri kita.

Pada dasarnya ketika kita grogi saat wawancara adalah selalu membayangkan kita tentang lolos atau tidak, jika kita berfikir seperti itu maka sudah dipastikan jawaban yang kita berikan kurang tertarget ke pihak HRD karena kondisi kita yang tidak tenang.

Memperkenalkan diri kita sebenarnya bisa kita latih dengan cara mempersiapkan jawaban sebelum proses wawancara kerja, point-point mana saja yang harus kita kenalkan dan kita ungkapkan pada pihak HRD.

Tidak perlu menjelaskan secara detail sekali tentang diri kita, misalnya menjelaskan tentang kenaikan kelas saat smk, sd ataupun smp karena jawaban tersebut tidak diperlukan, jelaskanlah tentang struktur keluarga dan yang paling penting banyak mengungkapkan tentang pengalaman kerja, berorganisasi atau aktifitas produktif lainnya.

Kesalahan yang biasa orang lakukan saat menjelaskan tentang diri kita adalah terlalu banyak menjelaskan hal-hal yang tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan yang dilamar ataupun hal yang sifatnya negatif serta pernyataan yang tidak penting lainnya.

Untuk itu kita perlu mempersiapkan jawaban-jawaban yang sifatnya positif dan juga produktif untuk kita ungkapkan pada saat proses interview kerja.

2. Apa kelebihan anda ?


Pertanyaan diatas merupakan pertanyaan yang terlihat simple namun merupakan salah satu faktor kunci lolos wawancara kerja karena jika kita memberikan jawaban yang tepat sudah dipastikan kita mendapatkan point tambahan untuk kita.

Berikan jawaban tentang kelebihan kita yang sesuai dengan pekerjaan yang akan lamar ataupun sifatnya membanggakan dan produktif.

Contoh salah :

Kelebihan kita bisa mengendarai motor dengan satu tangan, sedangkan pekerjaan yang akan kita lamar adalah bagian keamanan kerjanya mengamankan banyak orang.

Tentunya kelebihan diatas malah menjadi kendala di pekerjaan yang akan kita lamar, terang saja mengendarai sepeda motor dengan satu tangan merupakan sesuatu yang tidak aman (tidak safety) sedangkan pekerjaan yang akan kita lamar tentang keamanan, tentunya jawaban tersebut tidak tepat.

Contoh benar :

Kelebihan kita mampu mengemas barang dengan cepat dan tepat waktu. Pekerjaan yang akan kita lamar yaitu untuk bagian packing barang, tentunya jawaban tersebut sangat tepat dan tertarget karena yang dibutuhkan pada saat packing barang adalah kecepatan dan ketepatan waktu.

3. Apa kekurangan anda ?


Pertanyaan diatas merupakan dilema bagi rekan pencaker pada saat proses interview kerja karena jawaban apapun yang kita berikan menjadi serba salah. Namun ada point-point tertentu yang bisa di atasi pada saat menjelaskan tentang kekurangan diri kita.

Sebelum masuk lebih dalam tentang kekurangan kita, mari kita bahas tentang kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat menjelaskan tentang apa yang menjadi kekurangan kita pada HRD.

Kesalahan pertama :

- Menjelaskan kekurangan yang berakibat fatal bagi perusahaan atau pekerjaan yang akan kita lamar.

Contoh 1 :

Kekurangan kita adalah seseorang yang pelupa, sedangkan pekerjaan yang akan kita lamar membutuhkan ingatan yang kuat dan sifatnya fatal jika kita sampai lupa.

Tentunya jawaban tersebut akan menjadi kesalahan fatal bagi kita, pihak HRD pun akan berfikir bahwa kita tidak layak di tempatkan pada pekerjaan yang kita lamar.

Contoh 2 :

Kekurangan kita yaitu mudah lelah, sedangkan pekerjaan yang kita lamar membutuhkan kinerja yang power full alias membutuhkan banyak tenaga dan menguras pikiran kita.

Jawaban tersebut juga akan menjadi point minus untuk kita saat proses wawancara kerja.

Untuk itu jelaskanlah kekurangan tentang diri kita yang sifatnya bisa diatasi dan sedikit hubungannya dengan pekerjaan atau perusahaan yang ingin kita lamar.

Berikut jawaban yang tepat pada saat menjelaskan tentang kekurangan kita :
  • Jelaskan bahwa kita sedang mengatasi kekurangan kita, contohnya kekurangan kita adalah tidak bisa berbahasa daerah, lalu kita berikan tambahan jawaban seperti kita sedang belajar memahami bahasa daerah dari teman kita agar kita mudah berbaur dengan banyak orang. Dengan catatan pekerjaan yang akan kita lamar tidak mengharuskan kita fasih berbahasa daerah.

4. Kenapa kami harus memperkerjakan anda ?


Jelaskan dan kita tunjukan kelebihan kita yang berkaitan dengan pekerjaan ataupun bersifat positif saat pertanyaan diatas muncul.

Tunjukan kelebihan sahabat pencaker yang berkaitan dengan perusahaan atau pekerjaan yang akan dilamar dan tunjukan bahwa sahabat pencaker itu mampu dan bisa memajukan kinerja perusahaan, karena jika kita menjawab dengan biasa-biasa saja orang lain pun mungkin lebih menarik dari pada kita.

Contoh kecil :

Perusahaan yang akan kita lamar bergerak dibidang manufaktur otomotif yang notabene pekerjaannya berat dan selalu ditekan.

Contoh jawaban :

Saya sudah berpengalaman bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur otomotif sehingga saya tau gambaran tentang pekerjaan saya, tentunya saya akan mudah beradaptasi di area pekerjaan yang saya lamar.

Jawaban lain untuk pertanyaan di atas juga bisa kita ungkapkan tentang sifat positif yang ada pada diri kita, sebagai contoh kita itu jujur dalam bekerja, bertanggung jawab, dan mampu bekerja sama dalam sebuah tim.

5. Apa yang anda tau tentang perusahaan kami ?


Pertanyaan ini sebenarnya mudah di jawab dan diatasi pada saat interview, kuncinya kita hanya mencari tau tentang company profile perusahaan yang akan kita lamar.

Mencari tau tentang produk apa yang dibuat, nama brandnya apa dan lain sebagainya, kita bisa mencari tau informasi seputar perusahaan melalui mbah Google.

Meskipun begitu, ada saja yang masih sulit menjawab pertanyaan diatas, faktor malas mencari tau dan kurangnya persiapan diri menghadapi proses wawancara menjadikan pertanyaan diatas sulit dijawab.

Semuanya kembali kepada diri sahabat pencaker masing-masing, kuncinya simple, mau atau tidak ?

6. Apa motivasi anda bekerja di perusahaan kami ?


Pertanyaan diatas sebenarnya ada di dalam diri sahabat pencaker masing-masing, seperti halnya pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan anda, pertanyaan diatas hanya sahabat pencaker yang tau.

Disini admin kasih contoh kecil motivasi apa yang membuat kita mau bekerja di perusahaan yang kita lamar, contohnya keluarga, ingin membangun karir panjang bersama perusahaan yang ingin dilamar.

Jawablah dengan jawaban yang sifatnya menyemangati, apa yang membuat kita semangat bekerja di perusahaan tersebut atau hal apa yang ingin kita kontribusikan untuk perusahaan tersebut.

7. Berapa gaji yang anda inginkan jika diterima di perusahaan kami ?


Pertanyaan ini merupakan pertanyaan jebakan yang biasa muncul di dalam wawancara kerja, karena pada dasarnya untuk karyawan baru kita jangan berorientasi pada gaji atau hasil yang di dapat, namun kita harus berfikir apa saja yang bisa kita sumbangkan untuk perusahaan yang ingin kita lamar.

Namun jika pertanyaan ini tidak dijawab malah akan menjadi masalah, karena pertanyaan ini juga merupakan salah satu faktor yang menentukan lolos atau tidaknya kita. Kita bisa dianggap tidak tegas dan tidak mampu mengambil keputusan.

Kesalahan yang biasa dilakukan orang pada umumnya yaitu dengan menjawab dengan nominal angka gaji yang fantastis, padahal kenyataannya skill yang kita punya tidak sesuai dengan nominal angka yang disebutkan.

Jawablah dengan batas minimum, contoh kita melamar sebagai buruh pabrik, maka jawablah nominal angka sesuai dengan UMK atau UMP tergantung lokasi perusahaan tersebut, jika lokasi perusahaan di kota Bekasi maka jawablah dengan nominal angka yang sesuai dengan UMK Bekasi.

Jika sahabat pencaker melamar ke bagian yang sifatnya mempunyai keahlian khusus, maka di sarankan mencari informasi tentang gaji standar pekerjaan yang ingin dilamar,  gunanya agar negosiasi gaji tidak terlalu canggung karena nominal gaji yang diucapkan sudah sesuai standar.

Demikian informasi yang bisa lokerpt.com sampaikan, perihal lolos atau tidaknya tergantung kepada diri masing-masing karena situasi dan kondisi bisa saja berbeda dengan apa yang admin sampaikan.

Kita harus memahami suasana, situasi dan kondisi saat wawancara kerja agar prosesnya berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan apapun.

Akhir kata admin lokerpt.com sampaikan semoga proses interview kerja berjalan dengan lancar dan diberi kemudahan serta hasil yang memuaskan untuk kita.

Salam sahabat pencaker.
Segala bentuk informasi lowongan kerja yang ada di sini tanpa dipungut biaya apapun, hati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan.

Berlangganan Info Lowongan Kerja Gratis langsung via email...